SELAMAT DATANG DI BLOG TANPA PANDANG SAPA ENGKAU!!!!!!!

Selamat Datang Di Blog Tedi Setiadi
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Semester III/Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

Para Bloger Yang Budiman,
Kunjungan anda merupakan salah satu realitas bahwa segala bentuk inforamasi dunia yang di-akses melalui internet benar-benar dahsyat.
Dengan alasan, bahwa anda dapat menemukan Blog saya tanpa harus ada konfirmasi terlabih dahulu.
Semoga posting-posting yang saya tampilkan dalam Blog ini bermanfaat bagi kita semuanya.
dan saya menantikan akan saran, kritikan serta komentar dari para pembaca semua.
Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Jumat, 21 November 2008

Manusia Tak Bodoh!!!

MANUSIA TAK BODOH

Pada dasarnya, manusia diciptakan dengan keindahan yang tak pernah bisa dibayangkan oleh ranah kognitif, meskipun banyak ramalan-ramalan pengetahuan yang dapat memprediksi akan eksistensi seorang anak adam, tapi itu pun tidak seutuhnya di klaim sebagai kemutlakan.

Terlebih dengan situasi zaman pada saat ini, manusia sering mengungkapkan lantunan-lantunan kata yang mereka sendiri tidak sadar akan kodrati manusia secara utuh. Saya setuju sekali dengan ungkapan-ungkapan orang yang mengatakan bahwa manusi tak ada yang bodoh, melainkan manusia yang malas dan tidak mau untuk berusaha. Tetapi meskipun seperti itu, saya meneliti kembali akan keaktualan kata itu dengan meneliti aktivitas kognitif manusia pada bidang pendidikan. Dimana saya menilai bahwa manusia memang tak bodoh, hanya saja mereka tidak pernah mau untuk menyiapkan memori otaknya untuk menangkap suatu informasi atau pengetahuan yang sedang dihadapinya. Dan ini pernah saya realisasikan dalam bentuk percobaan pada seorang mahasiswa. Pada percobaannya, saya berusaha mencari sebuah materi yang si mahasiswa ini tidak pernah mengetahuinya dan tidak pernah mempelajarinya.

Pada saat itu saya mempunyai gagasan untuk memberikan sebuah kosa kata arab yang dia belum pernah mempelajarinya. Dan saat percobaan itu pula saya mencoba memberikan lima kosa kata arab tentang bagian-bagian tangan. Tak lama kemudian saya menyuruh dia untuk menalarnya dalam hitungan menit. Hasil yang pada waktu itu saya dapatkan sangat memuaskan sekali, karena hal yang pada waktu itu dianggap tidak akan terjadi, pada akhirnya terjadi juga.

Seusainya dari situ, saya mencoba memberikan kesimpulan pada mahasiswa-mahasiswa bahwa dengan kesiapan memori (kognitif) semua manusia tidak akan pernah disebut bodoh. Karena pada intinya manusia itu dikatakan bodoh atau tidak dilihat dari bagaimana manusia itu menggunakan memori otaknya sendiri.
bersambung..........

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Memang susah jadi manusia saat ini. Karena sekarang ini katanya zaman edan, kalo nggak ikut edan nggak keduman. Makanya banyak anggota dewan yang makan dana siluman. Bahkan ketika ada anggota dewan yang terkenal ‘putih’ diingatkan agar jangan ikut-ikutan, tapi katanya dana itu sayang jika tidak dimanfaatkan, untuk modal bergerak dalam perjuangan. Maka sudah dike manakankah sosok iman, yang seharusnya Qur’an dan Sunnah jadi pedoman, yang bukan hanya semangat dan indah saat diucapkan, dalam kajian – kajian rutin pekanan.